Senin, 14 Oktober 2013

tugas dan wewenang Marketing Manager


MARKETING MANAJER

A.      Pengertian Manager
Manager adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi, seorang yang karena pengalaman, pengetahuan, dan keterampilannya diakui oleh organisasi untuk memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan dan mengembangkan kegiatan organisasi dalam rangka mencapai tujuan. Manager terbagi menjadi dua bagian yaitu manager fungsional (functional manager) dan manager umum (general manager).
1.      Manager fungsional (Functional Manager)
Manager fungsional adalah manager yang memiliki tanggung jawab pada satu bagian fungsional perusahaan atau organisasi dan tidak ikut campur terhadap pekerjaan fungsional pada bagian lain. Contohnya adalah seperti manager keuangan, manager pemasaran, manager akuntansi, manager operasional, manager hrd.
2.      Manager umum (General Manager)
Manager umum adalah manager yang memiliki tanggung jawab seluruh bagian atau fungsional pada suatu perusahaan atau organisasi. Manager umum memimpin beberapa unit bidang fungsi pekerjaan yang mengepalai beberapa atau seluruh manager fungsional. Pada perusahaan yang berskala kecil mungkin cukup diperlukan satu orang manager umum, sedangkan pada perusahaan atau organisasi yang berkaliber besar biasanya memiliki beberapa orang manager umum yang bertanggung-jawab pada area tugas yang berbeda-beda.

B.       Tugas dan tanggung jawab dari Manager
Tugas menejer secara umum adalah sebagai pemegang tampuk kepemimpinan dalam suatu perusahaan yang mampu menumbuhkan, memelihara dan mengembangkan usaha dan iklim yang kondusif di dalam kehidupan organisasi, meningkatkan proditivitas kerja karyawan atau pegawai dengan memberikan contoh ataupun sebuah arahan yg baik serta mempunyai gaya yg produktif.
Tugas dan tanggung jawab dari seorang Manager Penjualan atau Marketing Manager adalah:
1.     Bertanggung jawab terhadap Manager Umum
2. Menetapkan tujuan dan sasaran jalannya operasional perusahaan dan strategi penjualan kepada konsumen.
3.  Membuat analisa terhadap pangsa pasar dan menentukan strategi penjualan terhadap konsumen atau pelanggan.
4.      Menganalisis laporan yang dibuat oleh bawahannya.
5. Mengoptimalkan kerja staf dan administrasi dibawah wewenangnya untuk mencapai tujuan perusahaan.
6.    Memberikan pelayanan yang prima kepada setiap konsumen atau pelanggan.
7. Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap perolehan hasil penjualan dan penggunaan dana promosi
8. Manajer pemasaran membina bagian pemasaran dan membimbing seluruh karyawan dibagian pemasaran.

C.       Strategi atau langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang Marketing Manager untuk perkembangan perusahaan.
1.      Langkah pengambilan keputusan pemasaran seorang Marketing Manager meliputi:
a. Mendefinisikan masalah, harus mengetahui dulu masalahnya dan mampu untuk   mengindetifikasikan masalah.
b. Merumuskan berbagai alternatif, menentukan berbagai cara alternatif penyelesaian terhadap masalah yang dihadapi.
c. Menganalisa alternatif, menilai alternatif yang dikumpulkan. Dengan suatu analisa maka manajerdiarahkan untuk mengambil kesimpulan yang disertai dengan pernyataan untuk menentukan kebaikan dan keburukannya.
2.      Strategi Produk
Dengan adanya strategi produk, maka kita dapat menetapkan cara dan penyajian produk yang tepat bagi pasar. Dengan begitu kita dapat memuaskan para konsumen sekaligus dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dalam jangka panjang.
3.      Strategi Harga
Penetapan harga sangat penting terutama untuk menjaga dan meningkatkan posisi perusahaan di pasar yang tercemin untuk meningkatkan penjualan dan keunggulan perusahaan. Dengan kata lain penetapan harga mempengaruhi kemampuan bersaing perusahaan dan kemampuan perusahaan mempengaruhi konsumen
4.      Strategi Distribusi
Mencakup penentuan saluran pemasaran dan distribusi fisik, dimana keduanya merupakan hubungan yang erat dalam keberhasilan penyaluran sekaligus keberhasilan pemasaran produk perusahaan.
5.      Strategi Promosi
Merupakan suatu strategi yang dilaksanakan sejalan dengan rencana pemasaran dimana dijalankan secara keseluruhan serta direncanakan, diarahkan dan dikendalikan dengan baik.

2 komentar:

  1. JSM Entertainment Group announces acquisition of Wynn Las Vegas
    JSM 시흥 출장안마 Entertainment Group has confirmed its purchase 군산 출장마사지 of Wynn Las Vegas and JSM Entertainment Group is 당진 출장마사지 one 여주 출장안마 of the companies listed on the 여주 출장안마 Las Vegas

    BalasHapus